HUT Ke- 5 Kecamatan Banjar Anyar Pemkab Ciamis Ukir Prestasi

HUT Ke- 5 Kecamatan Banjar Anyar Pemkab Ciamis Ukir Prestasi
Peringatan hari jadi Kecamatan Banjaranyar Ciamis yang ke-5 digelar secara sederhana

CIAMIS - Peringatan hari jadi Kecamatan Banjaranyar Ciamis yang ke-5 digelar secara sederhana, Kamis (11/2/2021). Namun tidak mengurangi kehidmatan acara.

Kegiatan bertempat di halaman Kantor Kecamatan. Seluruh Kades se-Kecamatan Banjaranyar, Ketua BPD tiap desa serta tim penggerak PKK Kecamatan dan Desa mengikutinya.

Camat Banjaranyar, Drs. H. Anto Risyanto mengatakan, peringatan hari jadi Kecamatan Banjaranyar ke-5 berlangsung sederhana karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Jadi acaranya kita gelar sesederhana mungkin. Yang penting tidak mengurangi rasa hidmat kita, ” ucap Anto.

Ia pun menjelaskan Banjaranyar berada di bagian barat wilayah Kecamatan Banjarsari yang secara geografis 85% kawasan pegunungan, 15% lembah atau dataran rendah.

Sesuai dengan slogannya yaitu “Banjaranyar Sanajan Anyar Kudu Sajajar” yang berarti Banjaranyar meski baru namun harus sejajar dengan yang lain.

Karena secara geografis daerahnya merupakan pegunungan, kata Anto, sudah tentu mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup menjanjikan.

”Seperti terdapatnya beberapa curug atau air terjun alami. Kemudian goa dan masih banyak lagi yang lainnya, ” terangnya.

Menurutnya, SDA itu merupakan potensi obyek wisata yang patut untuk dikembangkan. Seperti saat ini yang sedang dalam pengembangan yaitu Kampung Madu dan Curug Gumawang.

“Potensi itu akan kita dorong agar lebih berkembang lagi. Tujuannya agar roda perekonomian di wilayah Banjaranyar bisa berkembang pesat, ” ujar Anto.

Ketua Forum Komunikasi Pemekaran (FKP) Banjaranyar, Amat Suryadi, menyebut di usia yang ke-5 ini, perkembangan Banjaranyar sudah bagus dan banyak peningkatan.

“Saya melihat berkembang pesat, sudah banyak peningkatan. Kalau istilah gebyar Banjaranyar, ini sudah tampak. Jika membandingkan dengan tahun-tahun ke belakang, jauh berbeda, ” katanya.

Amat mengatakan, dengan berdirinya Kantor Kecamatan, Kantor Pertanian, Kantor Puskesmas dan Kantor KB itu adalah suatu peningkatan yang menonjol.

Selain itu, juga banyak kegiatan-kegiatan masyarakat yang meningkat, seperti adanya Kampung Madu dan Curug Gumawang. Lalu timbul hasil produksi tani duren, sehingga ada pesta duren.

Selanjutnya, ada lagi dari hasil tani di Kecamatan Banjaranyar ini yaitu banyak menghasilkan buah manggis.

”Nah, buah manggis hasil tani Banjaranyar itu dikirim ke Thaiwan dan China, itu suatu hal yang sangat menonjol, ” papar Amat.

Untuk infrastruktur jalan pun sudah banyak jalur jalan yang bagus dan sudah terasa manfaatnya. Meski diantaranya masih ada yang belum tercover.

“Tapi jelas jauh berbeda. Selama 5 tahun ini sangat menonjol. Sesuai dengan harapan Banjaranyar sejajar dengan kecamatan-kecamatan lain, ” ungkapnya.

Amat meminta kepada generasi muda untuk terus meningkatkan Banjaranyar ke arah yang lebih baik.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Ciamis yang telah mampu membangun Kecamatan Banjaranyar, baik di bidang perekonomian maupun infrastruktur.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada Bupati dan Ketua DPRD Ciamis yang sudah membangkitkan Kecamatan Banjaranyar ini, ” ujar Amat.

Senada dengan Ketua FKP, Endi Supendi selaku tokoh masyarakat pun mengatakan bahwa Banjaranyar sudah bagus dan meningkat.

Menurutnya, sebelum adanya pemekaran, Banjaranyar selalu ketinggalan dari kecamatan-kecamatan lain. Kemudian setelah pemekaran, dapat sejajar dengan yang lain.

”Infrastruktur jalan bagus. Kantor Kecamatan, Puskesmas dan Kantor UPTD-UPTD lainnya begitu megah. Hanya tinggal beberapa track jalan saja yang belum tersentuh, ” jelasnya. (***)

BANJAR ANYAR CIAMIS
Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Previous Article

DPRD Ciamis dan Kejaksaan Negeri Lakukan...

Next Article

Bangunan MTsN 11 Sukamantri Kabupaten Ciamis...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 69

Postingan Tahun ini: 347

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 64

Postingan Tahun ini: 213

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 54

Postingan Tahun ini: 105

Registered: Aug 19, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 47

Postingan Tahun ini: 86

Registered: Nov 23, 2021

Profle

Subhan Riyadi

Pengacara Sembilan Bintang, Law Office Akan Dampingi Kades Tugujaya Yang Terdzolimi
Tanah Galian Diduga Ilegal Dibawa Truk Fuso Melalui Jalur Tol
Yayasan Pangandaran Juara Indonesia (YPJI) Inisiasi Bimtek Bank Sampah Lingkup Kabupaten Pangandaran
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Perumahan Ghina Sakinah

Follow Us

Recommended Posts

Lakukan Pengancaman, Pinjol Ilegal Berhasil Diamankan Sat Reskrim Polres Bogor
Warga RT 02 Katulampa Keberatan Atas Surat Keputusan Walikota Bogor
Sadis! Anak Disibilitas Diiris Kukunya dan Dibakar Korek Gas Bibirnya
Rehabilitasi Jalan Galuga-TPA Rampung Warga Nikmati Manfaatnya
Puncak Peringatan Hari Bhakti Ke 76 PU Kabupaten Sukabumi Diisi Dengan Santunan Jompo dan Anak Yatim