Diduga Rebut Aset Pupr Desa Kaim Sepihak, Program Pisew Kacau Balau

Bogor - Pengembangan Inprastruktur Sosial Ekonomi Wilayah ( PISEW ) yang merupakan meujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor  strategis ekonomi domestik. Beberapa sasaran Nawacita pun tertuang dalam rencana pembangunan berbagai infrastruktur, seperti transportasi, sanitasi, kesehatan, peningkatan dan pemasaran hasil produksi. Berdasarkan latar belakang dan kondisi tersebut, maka Pedoman PengembanganInfrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dilaksankan di sekuruh Indonesia. 

Kegiatan Pengembangan Infrastruktur Ekonomi WilayahYang di mulai pada tahun 2016 dan dilaksanakan serentak diseluruh Indonedia hingga tahun ini 2021.Dengan tujuan meningkatkan pengembangan Ekonomi wilayah berbasis pada potensi sumber daya lokal.

Kecamatan Cigombong Salah satu Wilayah yang mendapatkan anggaran Pisew dengan melibatkan 2 ( dua ) Desa diantaranya Desa Ciadeg dan Desa Ciburayut dengan anggota dalam upaya terbangunnya infrastruktur wilayah Kecamatan yang berupa, Infrastruktur penghubung transpotasi dan infrastruktur penghubung pertanian, infrastruktur penghubung  produksi

Badan Kordinasi Antar Desa ( BKAD ) Yang melibatkan Staf dari dua desa, sebagi berikut:      Ketua           : Acep Hiyadatna Salta                      Bendahara  : Wiwin Winarsih                                Seketaris    : Warisman                                               Acep Hidayatna Salta saat dikonfirmasi terkait jalan Kabupaten yang menjadi titik kegiatan Pisew ia mengatan, " Karna menurut Pendamping, Pisew ini tidak ada ketentuan apakah Jalan desa atau jalan Kabupaten, Ujar AcepLebih lanjut Acep  mengatkan, untuk anggaran sebesar Rp.600 JtTerdiri dari oprasional BKAD Rp. 10 Juta. Untuk Covid Rp.5 JutaSedangkan pekerjaan Volume 450 X 3, 5 X0, 3. Ruas Jalan Ciadeg - Warung Menteng - Ciburayut " TuturnyaDitempat terpisah Deri Pengawas Upt Ciomas saat dihubungi By Phone Mengatakan, " Menurut data aset daerah bahwa Ruas Jalan Ciburayut Warung Menteng dengan Volume 2, 2 KM. Merupakan Aset Jalan Pemerintah Daerah ( Pemda ), " Ujarnya tegas

Namun dalam implementasinya  Badan Kordinasi Antara Desa ( BKAD ) untuk kegiatan Pisew di dua desa ini, minim kajian baik tahapan menyusun perencanaan maupun dalam pelaksanaan kegiatannya. Sehingga klaim jalan dari pihak desa harus dibuktikan dengan data yuridis. Mengingat sudah puluhan tahun jalan tersebut  menjadi tanggung jawab Dinas PUPR  Kabupaten Bogor dan masuk dalam perawatan berkala.

Begitu halnya dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dalam pelaksanaannya merupakan indikator dalam menentukan belanja barang dan jasa pada setiap kegiatan proyek apapun.Hal tesebut tidak dengan kegiatan Pisew yang ada  di Desa Ciadeg  - Ciburayut. Ketua BKAD Nampak belum bisa menentukan anggaran yang dibutukan dalam proyek Pisew ini, alias RAB diduga tidak ada. Sementara untuk harga ke pihak ketiga sudah ditentukan berkisar 130 rb untuk harga  Hotmix per meterya. Melihat penomena diatas yang mana kegiatan Pisew ini perlu di tinjau kembali dan diawasi bersama , terutama terkait aset harus ada bukti yang otentik dan jelas secara yuridis (A )

Bogor
Anwar resa

Anwar resa

Previous Article

Pemkab Ciamis Luncurkan Inovasi Aplikasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 69

Postingan Tahun ini: 347

Registered: May 23, 2021

AFRIZAL

AFRIZAL

Postingan Bulan ini: 65

Postingan Tahun ini: 214

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 55

Postingan Tahun ini: 106

Registered: Aug 19, 2021

Zulfahmi

Zulfahmi

Postingan Bulan ini: 47

Postingan Tahun ini: 86

Registered: Nov 23, 2021

Profle

Subhan Riyadi

Pengacara Sembilan Bintang, Law Office Akan Dampingi Kades Tugujaya Yang Terdzolimi
Tanah Galian Diduga Ilegal Dibawa Truk Fuso Melalui Jalur Tol
Yayasan Pangandaran Juara Indonesia (YPJI) Inisiasi Bimtek Bank Sampah Lingkup Kabupaten Pangandaran
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Perumahan Ghina Sakinah

Follow Us

Recommended Posts

Lakukan Pengancaman, Pinjol Ilegal Berhasil Diamankan Sat Reskrim Polres Bogor
Warga RT 02 Katulampa Keberatan Atas Surat Keputusan Walikota Bogor
Sadis! Anak Disibilitas Diiris Kukunya dan Dibakar Korek Gas Bibirnya
Rehabilitasi Jalan Galuga-TPA Rampung Warga Nikmati Manfaatnya
Puncak Peringatan Hari Bhakti Ke 76 PU Kabupaten Sukabumi Diisi Dengan Santunan Jompo dan Anak Yatim